Ayo Bergabung!

Kamis, 03 Agustus 2017

Chrysanthemum, Si Cantik Pembasmi Patogen


Chrysanthemum atau biasa disebut bunga krisan atau seruni adalah bunga yang berasal dari Asia Timur dan Eropa Utara. Saat ini sudah banyak tersebar terutama di Indonesia. Di berbagai negara di Asia Timur seperti Jepang dan Tiongkok, bunga krisan sudah lama menjadi tradisi dan kesenian yang memiliki nilai ekonomis, misalnya dijadikan kesenian merangkai bunga yang bisa dijual sebagai karya seni dan dekorasi. Bunga krisan juga sudah lama dijadikan salah satu bahan baku dalam pembuatan pestisida alami, atau mengurangi polusi dalam ruangan.

Tapi tahukah MS lovers kalau bunga krisan juga memiliki khasiat anti bakteri dan anti virus terutama anti HIV?
Bunga krisan biasa dijadikan bahan baku minuman dan pengobatan tradisional. Bahkan di Tiongkok, bunga krisan memiliki "kasta" terhormat sebagai bahan pengobatan. Bunga krisan biasa dibuat teh dan dicampur dengan madu atau lo han guo (monk fruit/ Siraitia grosvenorii) sebagai penambah cita rasa manis.

Chrysanthemum sebetulnya memiliki kekerabatan dekat dengan bunga Echinacea. Bedanya, bunga krisan rata-rata berwarna kuning Karena tinggi betacaroten dan vitamin C sedangkan Echinacea berwarna ungu (dipasaran biasanya dijual dengan nama "imboost").

Kandungan aktif bunga krisan adalah Flavonoid glucuronida yang punya manfaat luar biasa karena memiliki aktivitas antibakteri, antiviral, dan antioksidan. Kandungan aktif ini bisa didapat dengan eksktraksi air, seperti mengekstraksi flavonoid dalam teh hijau, bunga krisan cukup diseduh dengan air panas dan dijadikan minuman herbal. Teh bunga krisan yang terbaik biasanya adalah seduhan dari bunga krisan yang dikeringkan, lalu diseduh dan diminum pagi dan malam.


Teh bunga krisan yang mengandung glucuronida ini bisa dijadikan ajuvan dalam pengobatan infeksi paru-paru seperti TB, pneumonia, influenza, ISPA, asma, batuk, dan keluhan lain seperti penyakit lambung, kolestrol, diabetes, typhus, diare, dan membersihkan liver dari racun/toxic. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa glucuronida ini memiliki khasiat sebagai integrase inhibitor virus seperti herpes dan HIV loh.  

Selain Flavonoid glucuronida, kandungan lain dari bunga krisan yang bermanfaat sebagai antioksidan adalah:
  • Beta-karoten yang dikonversikan menjadi vitamin A, membantu memperbaiki sistem imun dan meringankan masalah kulit
  • potasium, kalsium dan mineral seperti zat besi, magnesium, dan fosfor
  • Vitamin B seperti kolin, asam folat, niasin dan riboflavin
  • Vitamin C yang membantu menyembuhkan sinusitis, dan gejala flu.
Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar