Ayo Bergabung!

Sabtu, 11 Februari 2017

Konselor Vs Dokter. Akhirnya MAHA STAR yang benar.

Sejak akhir tahun 2000an sy sdh mulai aktif donor darah di pmi, saat itu status sy msh seorang mahasiswa. Tdk pernah 1x pun saya telat donor darah (mungkin hanya telat tgl, kalau telat blnnya tdk pernah). Semua berjalan lancar selama 14 th hingga pada bln April 2015 saat sy akan mendonorkan darah saya, semua staff di PMI begitu sibuk dan heboh dgn kedatangan saya, kemudian mereka sampaikan bahwa sy tdk bisa donor karena darah saya yg bulan januari di tolak. Mereka minta senin pagi sy datang lg ke PMI buat bertemu dokter (Saat itu malam minggu).
Dengan banyak hal yg berkecamuk di kepala saya akhirnya senin pagi saya dtg lg ketemu dokter PMI, bagai di sambar petir saat sy dengar dokter tsb menyampaikan bahwa saya positif HIV. Saat itu jg saya di rujuk ke VCT buat melakukan tes2 lbh lanjut, setelah melakukan tes2 lbh lanjut dan hasilnya positif akhirnya saya diminta utk terapi ARV saat itu CD4 saya masih di angka 500an. Saat di VCT saya di samperin seorang laki2 yg mengaku aktifis lsm dan akan mendampingi saya minum obat (sebenarnya saya tdk paham mau dia apa tp dlm kondisi saat itu saya cuma ikut saja). Seiring waktu saya mulai terapi ARV bersamaan dgn beberapa obat herbal (Keluaran dr slh satu MLM yg di rekomendasikan org tsb, kebetulan dia member MLM tsb) pendamping saya itu bkn ODHA. awal2 terapi saya banyak bgt mengalami masalah seperti mual dan pusing, tp setiap kali saya blg ke pendamping tsb jawabannya adalah "Kalau lo mau hidup ARV tu lo telen2 aja tepat wkt dan jgn lo rasa2in yg macam2. Sekalian herbalnya di minum terus kalau hbs tar beli lagi ma gw biar lo sehat dan bertahan hdp" hingga pada akhirnya di minggu ke2 terapi ARV saya positif terkena sindrom stephen johnson. Semua badan saya terbakar, bahkan lidah saya sampai mengelupas. Saat itu saya di sarankan oleh dokter spesialis penyakit dalam (pakar hiv jg) agar stop ARV. Saat itu saya bbm pendamping saya  dan blg kalau saya stop arv dan obat herbal yg dr dia atas rekomendasi dokter spesialis penyakit dlm. Dgn nada marah dia blg "Semua dampingan gw cd4nya tinggi2 dan baik2 ja kok, cuma lo ja yg kena stephen johnson" shock setengah mati sy mendengarnya. Selama 3 minggu sy di rmh sakit pendamping sy tsb tdk dtg 1x pun buat jenguk sy. Malah dia bbm minta kado buat kelahiran anakny. ARV yg saya konsumsi saat itu Duvi Nevi. Beberapa bln setelah kejadian itu saya sempat terapi lg pki artipla (tu karena pihak vct selalu hub sy buat terapi arv) sayangnya dgn artipla saya jg gk co2k. Kena SJ jg meski efeknya tdk separah yg pertama. Kemudian sya disarankan stop lagi oleh dokter saya tsb. Dokter sya hanya  berpesan jaga baik2 pola mlm n hidup. Kalau cd4 kamu selalu baik (diatas 350) akan jauh lbh baik karena kalau sy terapi arv sy msk lini 2. Perlu tmn2 ketahui saat bln terapi arv kondisi sy sgt sehat dan saat inipun saat tdk terapi kondisi sy jauh lbh baik. Bln lalu cd4 sy msh 800. Tdk sakit apapun selain flu dan masuk angin. Saya share ini tdk da maksud apapun selain berbagi kisah ke tmn2. mau arv atau tdk itu hak dan pilihan masing2 yg hrs qt hargai dan suport....
Pandai2 memilih tmn dan pendamping, jgn sampai mengalami spt saya.

SALAM SEHAT






0 komentar:

Posting Komentar