Ayo Bergabung!

Rabu, 04 Januari 2017

Penelitian Jepang: Black Garlic Terbukti Meningkatkan Sistem Imun


Sebuah jurnal dari Medical Aromatic Plant Science and Biotechnology, Science Book mempublikasikan penelitian dari Institute of Immunology China Medical University dan Department of Clinical Immunology Hirosaki University, Jepang tentang kandungan black garlic yang ternyata dapat meningkatkan sistem imun.

Black garlic atau bawang-putih hitam adalah hasil proses bawang putih dengan cara menjaga bawang putih segar dalam temperatur tinggi (65-80 derajat celcius) dan kelembababan 70-80% disebuah ruangan/tempat selama 30-40 hari tanpa adanya tambahan apapun. bawang putih segar akan berubah perlahan-lahan menjadi kecoklatan dan bahkan hitam beberapa bulan kemudian karena proses karamelisasi, black garlic punya rasa mirip buah yg lembut dan tanpa bau menyengat.
Kenapa harus dibuat menjadi black garlic? selain tidak berbau menyengat, kandungannya pun berubah. kandungan karbohidrat di black garlic meningkat 20% (terbukti dengan rasa manis yang muncul), kandungan lain seperti asam amino sistein, phenilalanin, tirosin, leusin, valin, alanin, glisin, asam glutamik dan asam aspartik meningkat seiring proses.
Di Jepang, Tiongkok, atau Korea, black garlic biasa dijadikan bahan masakan dan obat tradisional.

proses bawang putih segar (kiri) menjadi black garlic (kanan) karena proses dari temperatur dan suhu selama sebulan

Dalam penelitian ini, black garlic yang diekstraksi dalam uji laboratorium menunjukan bahwa 50% memiliki aktivitas anti-tumor. Black garlic juga punya kandungan anti oksidan yang tinggi, beberapa kali lipat dibanding bawang putih segar.

Hal yang paling penting, ternyata black garlic bisa meningkatkan sistem imun, karena black garlic meningkatkan aktivitas natural killer cell yang mampu mengeliminasi sel kanker, sel tumor, dan sel yang terinveksi virus. Dalam penelitian in vivo laboratorium, penggunaan black garlic selama 5 hari dapat meningkatkan aktivitas natural killer cell selama maksimal 10 hari. ekstract black garlic berpengaruh dalam kinerja makrofag dan limfosit T untuk mengaktivasi natural killer cell. 
copy jurnal resmi yang sudah dikumpulkan di pustaka elektrik MAHA STAR bisa diunduh di sini.

Sumber:
Jurnal Ilmiah: Black Garlic Extract Enhance Immune System, Medicinal and Aromatic Plant Science and Biotechnology, 2010, Global Science Books.

0 komentar:

Posting Komentar