Ayo Bergabung!

Kamis, 27 Oktober 2016

Candidiasis vs Lapisan Putih Lidah (dan Pengobatannya)


Cukup banyak yang parno dengan gejala ini, mulai dari postingan grup hingga japri, hanya karena divonis R, dikit-dikit liat kaca, cek lidah, ada putih2 dikit langsung panik. 
sebagian memang benar candidiasis, sebagian lagi ternyata hanya lapisan putih pada lidah. dan u know what? keduanya berbeda!... wait.... what?
yup.
faktanya, hampir 85% org di Amerika saja, pernah mengalami candidiasis. hanya tingkat keparahan yang berbeda yang disebabkan banyak faktor. lalu apa bedanya dgn lapisan putih pada lidah? (gambar 1)

LIDAH PUTIH 
Lidah putih biasanya terjadi karena banyaknya jamur dan bakteri di lidah yang sedikit menutupi permukaan lidah. bedanya dengan candida, lidah putih bisa dengan mudah dikerik atau dibersihkan dengan scrapper (penggosok lidah) atau sikat gigi. 
penyebab lidah putih sebagian besar karena faktor kebersihan mulut, puasa, atau sakit (demam, dsb). 
untuk mencegah lidah putih, rajinlah memperhatikan kebersihan mulut, rajin menggunakan scrapper atau mouthwash.

CANDIDIASIS
atau biasa disebut juga dgn candida, oral thrush, jamur mulut. penyebabnya adalah jamur Candida albicans, dimana jamur ini adalah mikroorganisme yang lumrah 'numpang' di tubuh manusia, mulai dari mulut, saluran pencernaan, bahkan sering muncul pada bekas popok bayi atau daerah kewanitaan (keputihan).
Namun kadang si jamur ini bandel dan tumbuh tak terkendali, biasanya di mulut. kenapa? banyak faktor, diantaranya:
- keseimbangan populasi mikroorganisme, misalnya mikroorganisme yg mengontrol candida tertekan
- penggunaan/terapi jenis obat tertentu misalnya antibiotik, pil KB, dan kortikosteroid, yang memusnahkan mikroorganisme pengontrol, akhirnya jamur kandida tumbuh
- kondisi2 lainnya bs terjadi krn imunitas yang tertekan, kanker, diabetes, juga ketidakseimbangan hormon selama kehamilan.
candidiasis bergejala adanya lapisan tebal di lidah yang bila disikat atau dikerik akan terasa sakit bahkan berdarah, muncul juga di langit2 mulut atau dekat tenggorokan, perasaan tidak nyaman ketika menelan, dan kadang demam.

PENGOBATAN 
Candidiasis diobati dengan obat antijamur berbagai bentuk. untuk home remedy/terapi rumahan dan herbal pun cukup banyak, dengan efektifitas dan keampuhan yang berbeda-beda tiap org, bergantung banyaknya candida dan kondisi org tsb.
pengobatan rumahan yang banyak dicoba dan efektif adalah:
  • garam, garam membuat kondisi lingkungan dimulut tidak bersahabat bagi jamur. cukup rutin berkumur dgn air garam utk mencegah/mengobati kandida.
  • yogurt, yogurt mensuplai probiotik basilus utk mengontrol candida, juga memperbaiki sistem pencernaan. gunakan yogurt tawar kental, tidak boleh ada gula! yogurt bisa dimakan begitu saja, atau gunakan yogurt utk melapisi lidah dgn candida, diamkan 5-10 menit lalu bilas. rajin juga konsumsi yogurt ini utk menghalau kandida di pencernaan.
  • VCO, banyak jurnal yg membahas bahwa VCO punya kandungan dalam melawan candida. gunakan VCO utk melumuri lidah menggunakan cotton bud, lakukan beberapa kali sehari dlm seminggu. atau berkumur dgn vco selama 5-10 menit, bilas mulut hingga bersih, dan sikat gigi seperti biasa. lakukan rutin.
  • baking soda (Sodium bicarbonate), gunakan 1-2 sendok baking soda yg dilarutkan pd air secukupnya, oleskan pada lidah menggunakan cotton bud, diamkan beberapa menit, bilas dgn air hangat, lakukan 2-3x sehari.
  • bawang putih, dgn kandungan alicin sebagai antimikroba alami juga sbg imun booster. gunakan 2-3 siung bawang putih, kunyah beberapa detik dan telan. konsumsi secara rutin.

TES LUDAH/SALIVA
salah satu cara untuk mengetahui apakah warna putih di lidah adalah candida atau lidah putih biasa dapat menggunakan cara ini (gambar 2)
siapkan segelas air bening pada gelas transparan.
ketika bangun pagi hari, sebelum memasukan apapun ke mulut, meludahlah pada air tersebut, dalam 1-3 menit, lihat ke gelas tersebut. jika terdapat:
- jika ada semacam benang-benang tipis yang turun dari ludah, atau
- air berubah keruh ditengah2, atau
- ludah tenggelam kedasar gelas
besar kemungkinan itu adalah candidiasis.


SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar